PENGEMBANGAN ORGANISASI
Ada beberapa pengertian mengenai Pengembangan Organisasi, yaitu ;
1.
Pengembangan Organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan
perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu
organisasi
2.
Pengembangan Organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk
meningkatkan efektifitas organisasi
3.
Pengembangan Organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan
4.
Pengembangan Organisasi meliputi perubahan yang sengaja direncanakan
Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari
segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan :
1.
Efisien
dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada
konsep Minimaks (Masukan minimum dan keluaran maksimum).
2.
Efektifitas
adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya
kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai
3.
Kesehatan
organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para
individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas
Tujuan Pengembangan Organisasi ;
1.
Menciptakan
keharmonisan hubungan kejra antara pimpinan dengan staf anggota organisasi
2.
Menciptakan
kemampuan memecahkan persoalan organisasi secara lebih terbuka
3.
Menciptakan
keterbukaan dalam berkomunikasi
4.
Merupakan
semangat kerja para anggota organisasi dan kemampuan mengendalikan diri
Sifat-sifat dasar Pengembangan
Organisasi :
1.
Pengembangan Organisasi merupakan suatu strategi terencana dalam mewujudkan perubahan
organisasional, perubahan yang dimaksud harus mempunyai sasaran yang jelas dan
didasarkan pada suatu diagnosis yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi
oleh organisasi
2.
Pengembangan Organisasi harus berupa kolaborasi antara berbagai pihak yang akan
mengalami dampak perubahan yang akan terjadi, keterlibatan dan partisipasi para
anggota organisasi harus mendapat perhatian
3.
Program
Pengembangan Organisasi menekankan cara-cara baru yang diperlukan guna meningkatkan
kinerja seluruh anggota organisasi
4.
Pengembangan Organisasi mengandung nilai-nilai humanistic dalam arti bahwa dalam
meningkatkan efektifitas organisasi, potensi manusia harus menjadi bagian yang
penting
5.
Pengembangan Organisasi menggunakan pendekatan kesisteman yang berarti selalu
memperhitungkan pentingnya inter relasi, interaksi dan inter dependensi
6.
Pengembangan Organisasi menggunakan pendekatan ilmiah untuk mencapai efektivitas
organisasi
Nilai-nilai dalam Pengembangan
Organisasi :
1.
Penghargaan
akan orang lain
2.
Percaya
dan mendukung orang lain, sedangkan individu sendiri harus mempunyai tanggung
jawab
3.
Pengamanan
kekuasaan (mengurangi tekanan pada wewenang)
4.
Konfrontasi
(masalah yang tidak disembunyikan)
5.
Partisipasi
(melibatkan orang-orang yang mempunyai potensi dalam proses pengembangan
organisasi).
Proses Pengembangan Organisasi ;
1.
Pengenalan
masalah
2.
Diagnosis
Organisasional
3.
Pengembangan
strategi perubahan
4.
Intervensi
5.
Pengukuran
dan Evaluasi
PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI (CHANGE AND ORGANIZATION
DEVELOPMENT )
1. Perubahan Dan
Pengembangan Organisasi
Manajer senatiasa mengantisipasi perubahan-perubahan dalam lingkungan yang akan mensyaratkan penyesuaian-penyesuaian disain organisasi diwaktu yang akan datang. Perubahan-perubahan dalam lingkungan organisasi dapat disebabkan oleh kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Berbagai kekuatan eksternal dapat menekan organisasi untuk mengubah tujuan, struktur dan operasinya. Sedangkan perubahan dari faktor seperti tujuan, kebijakan manajer, sikap karyawan, strategi dan teknologi baru juga dapat merubah organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar