Mutasim Billah Asim

Senin, 24 Oktober 2016

Tujuan dan Fungsi Kepemimpinan

Tujuan Dan Fungsi Kepemimpinan

Tujuan Kepemimpinan

1.       Merupakan sarana untuk mencapai tujuan. Dengan melihat apakah tercapainya tujuan atau tidak, maka seseorang bisa disebut Pemimpin besar atau justru Pecundang.

2. Tujuan  Kepemimpinan adalah membantu orang untuk menegakkan kembali, mempertahankan, dan meningkatkan motivasi mereka. Jadi Pemimpin adalah orang yang membantu orang lain untuk memperoleh hasil – hasil yang diinginkan.

Fungsi Kepemimpinan

Fungsi Pemimpin dalam organisasi sangat penting bagi keberadaan dan kemajuan organisasi yang bersangkutan. Pada dasarnya, fungsi kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu :

Fungsi Administratif, yakni mengadakan formulasi kebijakan administrasi dan menyediakan fasilitasnya.

Fungsi sebagai Top Manajemen, yakni mengadakan Planning, Organizing, Staffing, Directing, Commanding, Controlling.

Fungsi kepemimpinan berhubungan langsung dengan situasi sosial dalam kehidupan kelompok masing – masing yang mengisyaratkan bahwa setiap Pemimpin berada di dalam, bukan di luar siatuasi tersebut. Pemimpin harus berusaha agar menjadi bagian di dalam situasi sosial kelompok atau organisasinya.

Fungsi kepemimpinan menurut Hadari Nawawi memiliki dua dimensi yaitu :


1.  Dimensi yang berhubungan dengan tingkat kemampuan mengarahkan dalam tindakan atau aktivitas Pemimpin yang terlihat pada tanggapan orang – orang yang dipimpinnya.

2.      Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan atau keterlibatan orang – orang yang dipimpin dalam melaksanakan tugas – tugas pokok kelompok atau organisasi, yang dijabarkan dan dimanifestasikan melalui keputusan – keputusan dan kebijakan Pemimpin.

Sehubungan dengan kedua dimensi tersebut, menurut Hadari Nawawi, secara operasional, fungsi pokok Kepemimpinan adalah,

1. Fungsi Instruktif, yakni Pemimpin berfungsi sebagai Komunikator yang menetukan apa isi perintah, bagaimana cara mengerjakan perintah, kapan waktu memulai, melaksanakan, dan melaporkan hasil, dimana tempat mengerjakan perintah, agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif. Sehingga fungsi orang yang dipimpin hanyalah melaksanakan perintah.

2. Fungsi Konsultatif, yakni Pemimpin dapat menggunakan fungsi konsultatif sebagai komunikasi dua arah. Hal tersebut digunakan manakala Pemimpin dalam usaha menetapkan keputusan yang memerlukan bahan pertimbangan dan berkonsultasi dengan orang - orang yang dipimpinnya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar