Keterampilan
– Keterampilan Kepemimpinan
Berikut keterampilan manajemen yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan /manajer.
1.
Keterampilan
Konseptual, yaitu membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan
atau ide tersebut dijabarkan menjadi rencana kegiatan yang disebut proses
perencanaan / rencana kerja. Termasuk juga memiliki visi yang jauh kedepan,
misi yang jelas, program kerja yang real, strategi, dan terus menjaga nilai
competitive advantage sebuah organisasi.
2.
Keterampilan
Komunikasi, yaitu keterampilan berinteraksi secara baik dengan banyak orang. Disebut
juga keterampilan kemanusiaan. Kepada bawahan bersifat mengayomi, persuasif,
dan bersahabat. Kepada rekan kerja saling menghormati. Kepada customer dan
atasan bersifat melayani. Manajer berkomunikasi dengan baik kepada semua orang,
menshare visinya, dan membuat semua orang menjadi tim sukses visi tersebut.
3.
Keterampilan Teknis, merupakan bekal agar
lebih matang pada bidang yang ditangani. Umumnya diperlukan untuk manajer
tingkat rendah. Misalnya menggunakan program komputer, membuat code program,
dsb. Tentu saja ada keunggulan tersendiri dibanding manajer yang hanya mengerti
konsep, akan tercipta efektifitas dan efisiensi yang ideal.
4.
Keterampilan Manajemen
Waktu. Seorang manajer digaji besar, setiap menit begitu berharga untuk
perusahaan. Dia harus bisa mengalokasi waktu agar mendapat hasil yang optimal.
Akan teruji dalam penyusunan waktu yang digunakan dalam melakukan sebuah
project. Termasuk juga keterampilan untuk membuat skala prioritas.
5.
Keterampilan membuat
keputusan, termasuk juga kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, memandangnya
secara keseluruhan dan komprehensif (helicopter view), dan menentukan solusi
terbaik untuk memecahkannya. Keputusan yang baik adalah yang tidak terburu2,
namun adakalanya keputusan diperlukan dalam waktu yang singkat. Seiring dengan
waktu dan pengalaman, manajer akan terbiasa menghadapi kondisi seperti ini.
6.
Keterampilan
Kepemimpinan. Program kerja, eksekusi, dan evaluasi diperlukan komitmen, ketegasan, dan
keberanian. Karenanya manajer betul-betul harus menjadi pemimpin, dan
tidak terlalu terpengaruh terhadap hal-hal yang tidak perlu. Manajer yang kuat
akan menciptkan trust kepada lingkungannya,
dan menumbuhkan teamwork yang solid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar