Mutasim Billah Asim

Senin, 26 Desember 2016

Pemimpin Pendidikan Yang Efektif

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN YANG EFEKTIF

            Kepemimpinan yang efektif memiliki peran yang menentukan terhadap kelangsungan hidup sebuah organisasi. Para sarjana memberikan penjelasan yang beragam tentang kepemimpinan yang efektif. Namun, terdapat prinsip pokok yang disepakati tentang kepemimpinan yang efektif yaitu sikap pemimpin yang mampu mempengaruhi orang lain (stafnya) untuk bekerja lebih keras dalam mengemban tugas dan tanggung jawab, sertya merubah prilaku anggota orgaisas sesuai dengan tujuan organisasi. kepemimpinan yang efektif dilihat dari hasil (output) yang diperoleh dari kegiatan sebua organisasi. Kriteria yang dijadikan ukuran penilaian kepemimpinan yang efektif adalah hasil kerjasama dan prestasi kelompok yang di pimpin. Seorang pemimpin yang efektif tidak hanya bias mempengaruhi bawahannya, tetapi bisa juga menajamin bahwa para stafnya bekerja dengan seluruh kemampuannya untuk mencapai tujuan organisasi.

Syahrizal (2008) mengemukakan bahwa kepemimpinan yang efektif dapat diidentifikasikan dengan sejumlah kemampuan pemimpin untuk melakukan koordinasi, pemecahana konflik, membangun komunikasi, memotivasi dan menggerakkan karyawan untuk meningkatkan produktifitasnya, pembinaan staf dan perwujudan kesejahteraan anggota organisasi. kemampuan ini merupakan modal bagi seorang pemimpin, dalam mewujudkan tujuan organisasi. Seorang pemimpin yang efektif akan mewujudkan kemampuannya secara simultan dan berkesinambungan dalam menjalankan roda organisasi.

1.      Kemampuan Melakukan Koordinasi
Kemampuan pemimpin menggunakan sumber daya secara maksimal dan menciptakan system kerja optimal, akan menentukan tinggi rendahnya aktivitas dan produktivitas karyawan. Peran pemimpin sangat strategis dalam peningkatan produktivitas, yaitu dengan mengkombinasikan dan mendayagunakan semua sarana produksi, menerapkan fungsi-fungsi manajemen, menciptakan system kerja dan pembagian kerja, menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat, serta menciptakan kondisi dan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Aktivitas untuk mewujudan sasaran organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya, seringkali menghadapi berbagai kesulitan. Segala penghalang dan rintangan harus diatasi, dan kemajuan yang telah dicapai harus dipertahankan. Oleh karena itu, para staf atau karyawan harus dirangsang dan didorong oleh pemimpinnya agar melaksanakan pekerjaan mereka sebaik mungkin.  Merekalah yang bila ditinjau dari segi organisasi merupakan unsur penting yang bertugas melaksanakan kegiatan-kegiatan operasional organisasi. sedangkan kelompok lain berupa kelompok pemimpin, tugasnya bukanlah melakukan kegiatan-kegiatan operasional, melainkan melakukan kegiatan-kegiatan penunjang dalam organisasi. meskipun demikian, para kelompok pemimpinlah yang bertugas menjaga agar organisasi dapat berjalan dengan lancar. Kelompok yang terkahir ini pula yang bertanggung jawab menciptakan mekanisme kerja sama yang harmonis antar sesama anggota organisasi.

Pengelompokan karyawan dalam organisasi bukanlah berarti menonjolkan peran kelompok yang satu dan mengecilkan arti kelompok yang lain, melainkan agar terciptanya pembagian tugas yang akan mempermudah pencapaian tujuan organisasi. untuk itu, perlu dijaga hubungan antara pimpinan dengan staf, yang mana hubungan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan yang akan dilakukan sehari-hari. Pandangan pemimpin terhadap keryawan, pelibatan karyawan dalam penentuan kebijakan organisasi, pemenuhan hak-hak karyawan, dan penghargaan terhadap keryawan merupakan sebagian faktor yang akan merangsang dan meningkatkan kinerja karyawan.

Pemimpin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya, dan tidak meremehkan atau melebihkan pekerjaan pimpinan pada unit atau bagian yang lain. Untuk menghindari hal itu perlu adanya koordinasi antar lini dan antar pimpinan. Tujuan dari koordinasi adalah untuk melakukan singkronisasi pekerjaan dari tiap-tiap unit kerja. Koordinasi adalah pengaturan tata hubungan dari usaha bersama untuk memperoleh kesatuan tindakan dalam pencapaian tujuan bersama. Dengan kata lain, koordinasi merupakan proses yang mengatur pembagian kerja antar individu atau antar kelompok dalam suatu organisasi. Melalui koordinasi, kegiatan organisasi dapat dijalankan secara efektif dan efisien.

Syahrizal (2008), Langkah yang dilakukan untuk menjamin suatu rencana dan tindakan terkoordinasi dengan baik adalah:
1.              Melakukan rapat sebagai langkah awal untuk mengadakan integritas pekerjaan dari setiap karyawan.

2.              Mengumpulkan laporan atas pelaksanaan kebijakan pimpinan yang telah digariskan .

3.              Melakukan kunjungan untuk melihat secara langsung dan memberikan petunjuk-petunjuk secara langsung pula dengan pedoman yang telah digariskan.

4.              Memelihara hbungan dalam berbagai bentuk demi meningkatkan keserasian kerja.


2.      Kemampuan Penyelesaian Konflik
Secara sederhana, konflik dimaknai dengan perbedaan atau pertentangan antara seseorang dengan orang lain atau antara kelompok dengan kelompok atau antara kelompok dengan seseorang. Konflik dapat saja terjadi dalam suatu kelompok atau dalam suatu organisasi yang memiliki tujuan yang sama. Konflik dalam organisasi sering terjadi, dimana salah satu pihak atau pihak kedua merasa dirugikan atau tidak dihargai. Konflik dalam organisasi membawa pengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi., baik bersifat positif maupun negatif. Sebagai contoh, dalam suatu perusahaan persaingan sehat dapat menimbulkan efek positif dan negatif, tetapi bila persaingan tersebut sudah melampaui batas, maka akan menyebabkan persaingan yang tidak sehat, yang mana dapat menimbulkan efek negatif. Efek positif dapat meningkatkan produktivitas organisasi, sedangkan efek negatif dapat merusak kinerja organisasi.

Dengan mengetahui, kedua dampak tersebut di atas, maka seorang pemimpin dapat mencegah kemungkinan timbulnya konflik yang merugikan suatu organisasi atau perusahaan. Suatu konflik dapat terjadi, karena masing-masing pihak atau salah satu pihak merasa dirugikan. Kerugian ini bukan hanya bersifat material, tetapi juga dapat bersifat non material. Untuk mencegah terjadinya konflik, seorang pemimpin harus mengetahui sebab-sebab timbulnya suatu konflik. Sebab-sebab tersebut dapat berupa perbedaan pendapat, salah paham, salah satu pihak merasa dirugikan atau munculnya perasaan yang terlalu sensitif.

Dalam penyelesaian konflik dan upaya mengembalikan situasi kondusif suatu organisasi, maka pemimpin harus membangun komunikasi yang baik antar karyawan.komunikasi ini sangatlah dibutuhkan, karena tugas seorang pemimpin adalah mengatur kegiatan staf secara langsung. Tanggung jawab pemimpin adalah membawa stafnya ketingkat efektivitas kinerja yang maksimum dan bila komunikasi tidak terjalin dengan baik dalam organisasi, maka harapan ini tidak akan terwujud. Seorang pemimpin tidak perlu merasa malu untuk menegur anggota organisasinya terlebih dahulu dan mereka akan merasa senang bila diajak  berkomunikasi secara langsung oleh pimpinan organisasi di mana mereka bekerja.

Dalam rangka mendekati anggota organisasi melalui ini, maka yang perlu diperhatikan oleh seorang pemimpin adalah mengamati keinginan karyawan, menunjukkan perhatian atau keterlibatan pimpinan dalam suatu permasalahan yang dihadapi anggota organisasi. Dengan pendekatan ini, pemimpin akan mendapatkan acuan bekerja optimal dan pemimpin akan mendapatkan kepuasan serta keuntungan yang lebih besar dalam hubungan organisasi.

3.      Kemampuan Membangun Komunikasi
Komunikasi yang dibangun dalam suatu organisasi adalah komunikasi dialogis baik antar anggota organisasi, antara atasan dengan bawahan maupun antar sesama lini dalam suatu organisasi. komunikasi antara atasan dan bawahan dapat berbentuk penyampaian informasi ataupun instruksi. Komunikasi yang dibangun dalam suatu organisasi amat penting perannya, karena ketidaklancaran komunikasi akan sangat tidak menguntungkan efisiensi kerja organisasi. akibat tidak efektifnya komunikasi akan banyak membuang waktu yang tersita sia-sia, pemborosan kertas, perbaikan yang tidak perlu karena informasi yang salah, kekeliruan bawahan dalam melaksanakan perintah, atau kurangnya pengertian anggota organisasi terhadap instruksi yang diberikan seorang pemimpin. Oleh sebab itu, pemimpin harus mempelajari, memperhatikan, mencari cara, atau membangun system agar komunikasi dapat berjalan dengan cara efektif dan efisien. Sering kali dijumpai para pimpinan tidak segan-segan mengulang atau menerangkan maksudnya sejelas mungkin agar tidak disalahtafsirkan oleh bawahannya.

Nawawi (1999), dalam komunikasi efektif dan dialogis seorang pemimpin tidak selalu memimpin percakapan, tanpa memberikan kesempatan kepada pihak lain. Pada waktu-waktu tertentu seorang pemimpin juga dituntut mengorbankan kesempatan dirinya untuk menjadi pendengar yang baik, dan dalam hal tertentu pula pemimpin hanya mengungkapkan suatu infomasi sebagai pemancing saja, agar terjadinya komunikasi yang baik. Bagi organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan kepada nasabah atau masyarakat seperti bank, maka perlu diingat bahwa komunikasi yang efektif menjadi amat penting dan menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan jasa.

Perlu juga diperhatikan bagi seorang pemimpin, bahwa komunikasinya dengan anggota organisasi merupakan pendorong bagi mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari. Komunkasi yang tidak baik atau kurang jelas, mungkin amat sulit bagi seorang pemimpin untuk mengetahui sejah mana kemampuan dan kinerja anggota organisasi yang dipimpinnya. Demikian pula anggota organisasi, tidak dapat mengetahui apa yang harus dikerjakannya dan untuk apa ia melakukan pekerjaan dalam suatu oraganisasi. Akibat lain dari komunikasi tidak efektif, adalah turunnya minat anggota organisasi terhadap pekerjaan, rendahnya moral kerja, rendahnya tingkat produktivitas.

4.      Kemampuan Memotivsai dan Menggerakkan Staf
            Setiap  tindakan manusia mempunyai motivasi dan tujuan, baik disadari, dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Demikian pula dengan pekerjaan dalam suatu organisasi atau pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan dalam suatu perusahaan, tentu tidak terlepas dari motivasi dan tujuan. Motivasi dan tujuan organisasi melakukan pekerjaannya dapat berupa : mengharapkan penghasilan/ gaji, kepuasan pribadi atas hasil karyanya, peningkatan status dan promosi, penghargaan dari karyawan sejawat, penghargaan dari atasan, pengormatan dari keluarga dan lain lain. Anggota tidak hanya mengejar penghasilan saja, tetapi juga mengharapkan bahwa dalam bekerja dia dapat diterima (acceptable) dan dihargai oleh sesama anggota organisasi. Seorang anggota organisasi akan lebih berbahagia, bila ia dapat menerima atau membantu anggota organisasi lain yang membutuhkan bantuannya dalam menjalankan tugas sehari-hari.

            Syahrizal (2008) Motivasi berarti dorongan yang mendasari seseorang untuk melakukan kegiatannya baik dalam organisasi maupun di luar organisasi. Dalam konteks ini, motivasi adalah kemauan kerja anggota organisasi yang timbul, karena adanya dorongan dari dalam pribadi mereka. Motivasi lahir sebagai hasil integrasi keseluruhan kebutuhan pribadi, pengaruh lingkungan fisik dan pengaruh lingkungan sosial. Kekuatan motivasi sangat tergantung pada proses pengintegrasian kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dengan demikian motivasi kerja merupakan gejala kejiwaan yang bersifat dinamis, majemuk dan spesifik untuk masing-masing anggota organisasi. Oleh karenanya, seorang pemimpin harus peka terhadap gejala kejiwaan dan faktor psikis anggota organisasi. Hal ini amat penting bagi pemimpin dalam memberikan motivasi yang positif kepada anggota organisasinya.

Keberadaan manusia dalam organisasi memegang peranan sentral, karena pada manusialah terletak motivasi kerja dan produktivitas kerja suatu organisasi. Oleh karenanya, setiap pemimpin tidak hanya memikirkan peningkatan skill karyawan melalui program pendidikan dan pelatihan, melalui konsep “how to increase income” dari suatu organisasi. pemimpin juga harus memikirkan “how to increase mental”, yaitu bagaimana meningkatkan mentalitas, dedikasi dan kesadaran anggota organisasi terhadap kewajiban dan tanggung jawabnya. Dedikasi dan loyalitas anggota organisasi perlu ditumbuhkan, sehingga mereka mempunyai sesuatu suatu perasaan atau dalam istilah studi organisasi dikenal dengan “sense of belonging” yaitu, perasaan atau kesadaran memiliki. Kesadaran memiliki dapat dibangun oleh seorang pemimpin dengan mengadakan pertemuan persuasif dan pengarahan secara berkala terhadap anggota organisasi mengenai keadaan organisasi, kebijakan yang telah di tempuh, dan masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi. Bila hal ini dikemukakan secara trasnparan oleh seorang pemimpin, maka anggota organisasi akan berusaha menyumbangkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk tujuan organisasi.

Perhatian pemimpin kepada anggota organisasi sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam pencapaian tujuan dari suatu organisasi. Demikian pula dalam suatu perusahaan, seorang pemimpin harus mempunyai suatu pendekatan kepada para keryawannya, agar mereka bersedia bekerja dengan baik, Sehingga menunjang keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk itu para pemimpin dituntut memiliki kemampuan memberikan dorongan atau motivasi kepada karyawan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja organisasi. Pemimpin yang memiliki kemampuan ini, akan mampu mempengaruhi anggota organisasi untuk melaksanakan kewajiban dan tangung jawabnya dengan baik.

5.      Kemampuan Membina Staf
            Dalam hal mengelola dan membina anggota organisasi baik pada instansi pemerintah maupun swasta cenderung menganut pola paternalisme. Pemerintah merasa berperan sebagai orang tua yang wajib melindungi dan mengayomi anggota organisasi sebagi anak asuhnya. Pimpinan merasa bertanggung jawab atas kesejahteraan pegawai atau karyawannya. oleh karena itu sangat logis, jika pada taraf tertentu seorang pemimpin menuntut loyalitas yang tinggi dari anggota organisasinya seperti lazim terjadi dalam hubungan antara orang tua dan anak. Praktik demikian telah mendorong para pemimpin untuk memanfaatkan pola kepemimpinan otoriter dalam menjalankan roda organiasi. Pola kepemimpinan yang demikian tidak akan memberikan kesempatan bagi pengembangan karir anggota organisasi, dan bahkan justru akan menghambat proses pengembangan dan pembinaan anggota organisasi. Pengelolaan anggota organisasi secara otoriter akan memadamkan kreativitas, inisiatif, semangat kerja, dan bahkan akan mempersulit proses komunikasi dan hubungan kerja. Motivasi kerja anggota organisasi akan hilang, dan sikap apatisme akan muncul dari kalangan anggota organisasi.

            Untuk mengatasi hal tersebut, banyak alternatif yang bisa dilakukan, namun belum tentu dapat memberikan hasil yang memuaskan, karena terdapat perbedaan karakteristik staf antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain. Selama ini banyak pola pendidikan dan pembinaan anggota organisasi yang telah diterapkan, namun sedikit sekali yang membawa dampak positif bagi kebutuhan dan kepentingan organisasi.Dalam era teknologi, setiap organisasi dituntut untuk segera mempersiapakan tenaga-tenaga handal dan profesional. Para pemimpin dituntut berperan aktif dalam pembinaan anggota organisasinya, karena organisasilah yang mengetahui secara detail, kualifikasi  anggota yang dibutuhkan.

            Pembinaan anggota organisasi tidak cukup hanya dilakukan dengan pengiriman pegawai mengikuti kursus, seminar, lokakarya baik dalam maupun luar negeri. Pembinaan pada dasarnya lebih luas ruang lingkup dan jangkauannya,  bukan hanya beruupa program-program pendidikan klasikal tetapi termasuk didalamnya program non klasikal. Pendidikan informal, penempatan anggota sesuai dengan kapasitasnya, pengarahan dan bimbingan pimpinan yang teratur dan jelas termasuk pembinaan anggota organisasi yang sangat dibutuhkan. tingkah laku pimpinan organisasi merupakan teladan dan contoh bagi anggota organisasi dalam menjalankan tugasnya. Namun, apa yang kita temukan dalam kenyataan bukanlah demikian. Seringkali seorang pemimpin berpendapat, lakukan apa yang saya katakan, dan bukan apa yang saya lakukan. Hal seperti ini secara tidak langsung berpengaruh negatif dalam pembinaan anggota organisasi.
Bimbingan langsung dari pimpinan sangat menentukan kematangan sebuah pembinaan anggota organisasi, karena bimbingan pimpinan menjadi panduan bagi anggota organisasi dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya. Banyak hal yang bisa dilakukan pimpinan dalam pembinaan anggota organisasi. Dalam proses pendelegasian wewenang misalnya, wakil pimpinan secara nyata dapat membantu pembinaan anggota organisasi. Agaknya hal-hal seperti ini kurang di sadari oleh banyak pihak. Pendelegasian wewenang praktis jarang dilakukan secara jelas. seorang anggota organisasi diwajibkan bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan, namun dalam kenyataannya pimpinan tetap tidak memberikan otoritas kongkrit kepada anggota organisasi. Pelimpahan wewenang kerap kali dijumpai tidak diberikan sepenuhnya oleh pimpinan kepada anggota organisasi. Hal ini  malah mempersulit calon-calon pemimpin untuk masa yang akan datang.

6.      Kemampuan Membina Hubungan Kerja
            Langkah pertama untuk menjalin hubungan kerja yang baik adalah seorang pemimpin harus terlebih dahulu mengenal anggota organisasi dengan sebaik baiknya. Pengenalan terhadap staf atau anggota organisasi dilakukan terhadap dimensi kehidupan, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masayrakat. Seorang pemimpin bisa saja mengenal pribadi stafnya melalui berbagai pendekatan. Pengenalan terhadap kehidupan seseorang perlu dilakukan mengingat setiap anggota organisasi pada dasarnya ingin dihargai dan dihormati baik secara langsung maupun tidak langsung. Penghargaan tersebut bisa dilihat dari adanya keinginan untuk diajak berperan serta dalam lingkungan pekerjaan. Dengan demikian, apabila seseoang dalam lingkungan kerjanya tidak diangggap sebagai kawan, apalagi oleh atasannya dimana ia bekerja, maka hal ini akan menmbulkan perasaan tidak nyaman dan lambat laun dapat menimbulkan frustasi. Kondisi ini akan semakin memperburuk suasana kerja, bila keikutsertaan seseorang dalam berbagai kegiatan tidak diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan pandangannya. Keberadaan seseorang anggota organisasi hanyalah sebagai robot yang selalu di dikte oleh atasannya. Akibatnya, organisasi akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan membina hubungan yang baik antar sesama anggota organisasi.

            Bila seorang pemimpin mengenal staf atau anggota organisasi dengan baik, serta menyadari berbagai tingkah laku dan sikap yang dimiliki oleh anggota organisasi, maka hal tersebut akan membantu pimpinan dalam melakuakan perubahan komunikasi, sehingga akan terjalin komuniksai yang efektif antara seorang pemimpin dengan anggota organisasi. Komunikasi yang efektif akan menentukan keberhasilan hubungan kerja dalam suatu organisasi.

            Dalam memanajemen organisasi, seorang pemimpin harus memahamai bahwa hubungan kerja dengan setaip anggota organisasi menuntuk pendekatan yang berbeda antara satu sama lain. Mungkin saja pendekatan untuk berkomunikasi dengan si A dianggap cukup baik, tetapi cara ini belum tentu dapat diterapkan untuk berkomunikasi dengan anggota organisasi lainnya. Sebab setiap orang memiliki kepribadian dan pola kebiasaaan yang berbeda satu sama lain. seorang staf atau karywan kadang-kadang kurang begitu berkenan bila diperlakukan dengan tegas, sedangkan orang lain kurang bisa menyenangi apabila diperlakukan secara tidak tegas. Ada juga orang yang memerlukan perlakuan yang simpatik dan perlu dijelaskan sampai detail setiap penugasan yang diterimanya. Namun kadang-kadang ada juga staf atau anggota organisasi yang cukup dijelaskan garis besar saja, ia sudah memahami dan mengetahui arah penugasannya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar