Mutasim Billah Asim

Senin, 07 November 2016

Kaitan Kepemimpinan Dan Manajemen

Kaitan Kepemimpinan Dan Manajemen
1.          Kepemimpinan adalah salah satu bagian penting dari manajemen, khususnya    
 dalam fungsi pengarahan.
      Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengarahkan dan mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan.
2.          Kepemimpinan dan manajemen seringkali disamakan pengertiannya oleh banyak orang. Padahal jelas bahwa kepemimpinan adalah tidak sama dengan manajemen. Dalam manajemen, kepemimpinan adalah merupakan salah satu bagian dari manajemen untuk mengarahkan dan mempengaruhi anggota – anggotanya dalam usahanya utnuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen selalu berkaitan dengan organisasi, apapun bentuknya. Sedangkan kepemimpinan tidak hanya ada dalam lingkungan organisasi, tetapi dapat muncul dan ada dimana saja, dan kapan saja, sepanjang ada seseorang yang berusaha mengarahkan dan mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
3.         Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah bagian penting dari manajemen tetapi tidak sama dengan manajemen. Seorang Manajer harus berperilaku atau melaksanakam fungsi kepemimpinan atau leadership, namun seorang Pemimpin belum tentu seorang Manajer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar