Mutasim Billah Asim

Minggu, 23 Oktober 2016

Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan

Pengertian Pemimpin Dan Kepemimpinan

Pengertian Pemimpin

Pemimpin adalah “Orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga”. Suradinata (1997:11)

Pemimpin terdiri dari Pemimpin Formal (formal leader) dan Pemimpin Informal (informal leader). Pemimpin Formal adalah seorang (pria atau wanita) yang oleh organisasi tertentu (swasta atau pemerintah) ditunjuk (berdasarkan surat-surat keputusan pengangkatan dari organisasi yang bersangkutan) untuk memangku sesuatu jabatan dalam struktur organisasi yang ada dengan segala hak dan kewajiban yang berkaitan dengannya untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi tersebut yang ditetapkan sejak semula”. Winardi (1990:32)

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah “kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”. Suradinata (1997:11)

Kepemimpinan adalah “kemampuan yang melekat pada diri seorang yang memimpin yang tergantung dari macam-macam faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstren”. Winardi (1990:32)

Kepemimpinan adalah “keterampilan dan kemampuan seseorang  mempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi maupun lebih lebih rendah darinya dalam berfikir dan bertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik dan egosentrik berubah menjadi perilaku organisasional”. Siagian (1986:12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar